Berbagi Informasi, Aplikasi, Ebook, Game dan Tips & Trick seputar
Dunia Komputer dan Internet Gratiiiiss !!!

Dasar Mengetik dengan 10 jari

Dasar Mengetik dengan 10 jari

Mengetik dengan menggunakan 10 jari mungkin dianggap tidak terlalu penting, toh bisa menggunakan 2 atau 4 jari juga bisa, yang penting cepet itu mungkin pendapat mereka yang menganggap mengetik dengan 10 jari itu tidak terlalu penting..
TAPI itu salah..
mengetik dengan menggunakan 10 jari sangat penting, apalagi bagi kita pelajar mengetik udah jadi aktivitas rutin mulai dari tugas, laporan, dll.
mari kita lihat beberapa kerugian mengetik tanpa menggunakan 10 jari..

Membuat anda cepat lelahMengetik tanpa menggunakan 10 jari, bukan hanya akan memakan waktu yang cukup lama, tetapi juga akan menguras tenaga anda. Karena anda harus melihat keyboard dan layar monitor secara bergantian, melihat keyboard untuk memasukkan input atau huruf yang akan diketik dan melihat monitor untuk memastikan output sudah benar. Bandingkan dengan mengetik tanpa harus melihat keyboard dan hanya fokus pada layar monitor yaitu dengan keahlian mengetik 10 jari, tentu akan menghemat tenaga dan waktu anda. 

Tidak efektif dan efisien
Dengan menggunakan 11 jari juga akan membuat jari anda cepat lelah, karena tidak semua jari yang anda gunakan untuk mengetik di keyboard dan hanya beberapa jari saja yang bekerja sehingga penggunaan jari anda jadi tidak efisien


Keyboard bisa cepat rusak (berumur pendek)
Tahukah anda jika mengetik dengan 11 jari akan membuat keyboard anda berumur pendek? Hal ini terjadi karena tekanan mengetik dengan 2 jari ( biasa disebut mengetik 11 jari ) telunjuk lebih kuat daripada tekanan mengetik dengan 10 jari. Tombol Enter adalah tombol yang paling sering rusak karena tombol ini yang paling sering ditekan bahkan dengan sekuat tenaga. Jika Anda mengetik dengan 10 jari, tombol Enter hanya akan ditekan dengan jari kelingking kanan yang tekanan tenaganya lebih kecil dari pada jari telunjuk.

nah itu tadi contoh kecil kerugian yang kita dapat dari mengetik tanpa menggunakan 10 jari,
benar atau tidak anda sendiri yang dapat merasakan...hehe
oke sebelum Anda Belajar Mengetik dengan 10 jari anda harus tau dulu dasarnya terlebih dahulu..
berikut dasar mengetik dengan 10 jari



Posisi awal (home row )
Posisi awal atau biasa disebut home row adalah dimana pada posisi ini sangat strategis untuk memudahkan anda dalam menjangkau semua tombol huruf yang ada pada keyboard, caranya sebagai berikut:

  • Letakkan semua jari kiri anda selain jempol di tombol A S D F, pada huruf F biasanya terdapat benjolan, jadi kan itu sebagai penandanya.
  • Letakkan semua jari kanan anda selain jempol di atas tombol J K L ; ,pada huruf J biasanya terdapat benjolan, jadi kan itu sebagai penandanya.
  • Letakkan Kedua jempol anda di atas tombol Spasi.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.









 












Untuk tombol huruf yang berwarna Biru harus ditekan dengan Jari kelingking.
Untuk tombol huruf yang berwarna
Ungu harus ditekan dengan Jari manis.
Untuk tombol huruf yang berwarna
Hijau harus ditekan dengan Jari tengah.
Untuk tombol huruf yang berwarna
Merah harus ditekan dengan Jari telunjuk kiri.
Untuk tombol huruf yang berwarna
Kuning harus ditekan dengan Jari telunjuk kanan.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Nur Diarto, Published at 16.18 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar